Jakarta. Komisi I DPR selesai melakukan uji kelayakan dan kepatutan terhadap Calon Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. DPR meminta agar Panglima TNI terpilih ini segera dilantik sebelum 2018 untuk menggantikan Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan pensiun pada Maret 2018. Pergantian Panglima TNI berlangsung cepat setelah Presiden Joko Widodo pada 5 Desember 2017 mengajukan nama Hadi untuk diuji oleh DPR. Gatot yang akan pensiun, 1 tahun terakhir menjadi sorotan karena sejumlah kontroversi. Redaksi Sastra Koma mencatat sejumlah hal dari berbagai sumber.

19 Mei 2016

Mengeluarkan analisis bahwa Indonesia akan masuk pada zona proxy war, dengan kekayaan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.

4 Oktober 2016

Mengusulkan untuk dipulihkannya kembali hak berpolitik aparat TNI.

2 Desember 2016

Hadir menggunakan peci putih bersama dengan ribuan pendemo gerakan 212.  Kata Gatot:  “Saya hadir di tengah kerumunan massa untuk menjaga kesatuan NKRI dan kepresidenen Joko Widodo”.

6 Februari 2017

Mengeluhkan ketidakmampuan mengelola anggaran matra laut, darat dan udara karena adanya Peraturan Menteri Pertahanan Nomor 28/2015.

16 April 2017

Kunjungi Pondok Pesantren Buntet Desa Mertapada Kulon, Kec. Astanajapura, Kab. Cirebon, Jawa Barat. Jenderal Gatot menyatakan dihadapan 10.000 Santri: “Para Kyai dan Ulama turut berperan aktif berjuang merebut kemerdekaan Indonesia, tidak bersifat Kedaerahan dan tidak disuatu tempat saja melainkan diseluruh wilayah Indonesia”.

6 Mei 2017

Berbeda pendapat dengan Polri soal adanya tuduhan makar di berbagai gelombang demonstrasi kelompok agama yang menguat di akhir tahun 2016. Penolakan makar disampaikan Gatot sebagai upaya untuk mengajak warga tidak takut dengan situasi politik terkini.

21 Mei 2017

Hadir di tengah Rapat Pimpinan Nasional Partai Golkar, membacakan puisi berjudul ‘Tapi Bukan Punya Kami’. Puisi tersebut berisi kritikan kepada pemerintah untuk situasi nasional mutakhir.

22 Oktober 2017

Menyatakan ada institusi nonmiliter yang mencatut nama Presiden Joko Widodo untuk pengadaan 5.000 senjata secara ilegal ramai jadi perbincangan.Pernyataan yang disampaikan di depan mantan petinggi TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

5 Oktober 2017

Pidato janji setia TNI kepada Presiden. Kata Gatot: “Izinkan saya menegaskan kembali sekali lagi bahwa sampai kapan pun TNI akan setia dan menjunjung tinggi sumpah prajurit yang tadi disampaikan Bapak Presiden”.

4 Desember 2017

Melakukan mutasi 85 Pati TNI melalui Keputusan Panglima Tentara Nasional Indonesia Nomor Kep/982/XII/2017 tertanggal 4 Desember 2017.

6 Desember 2017

Turut mengantar Marsekal Hadi Tjahjanto menghadiri uji kelayakan dan kepatutan sebagai calon Panglima TNI, bersama Kepala Staf Angkatan Darat dan Kepala Staf Angkatan Laut.

Maret 2018

Pensiun dari karier TNI, sehari setelah disetujui DPR, Marsekal Hadi Tjahjanto dilantik Presiden Joko Widodo menggantikan Gatot yang harusnya pensiun masih pada Maret 2018. (A)